Powered by Blogger.

4 Langkah Install CygWin di Windows

Apa itu Cygwin

Cygwin adalah perangkat lunak bebas dan sumber terbuka dengan ton paket opsional yang memungkinkan Anda menjalankan dan melaksanakan perintah usia tua mirip Unix tepat di sistem Windows Anda.Apakah dicatat bahwa hal itu tidak dapat digunakan untuk menjalankan perangkat lunak Linux / Unix sekalipun.
Instalasi Cygwin

Untuk menginstal Cygwin, kepala ke situs resmi Cygwin dan download dieksekusi tergantung pada preferensi sistem anda (32-bit atau 64-bit).Eksekusi itu sendiri kecil karena download semua paket yang dibutuhkan ketika menginstal perangkat lunak.

Setelah Anda download installer Cygwin, meluncurkan installer sebagai Administrator.Anda akan disambut dengan layar selamat datang, cukup klik pada tombol "Next" untuk melanjutkan.Di sini, di layar ini, pilih tombol radio "Install dari Internet" dan klik pada tombol "Next".Pilihan ini akan men-download semua paket yang dibutuhkan untuk instalasi dan akan menyimpannya dalam direktori lokal untuk penggunaan masa depan.

Apa manfaat yang paling terasa dengan Cygwin? jika anad seorang admin jaringan atau Programer Linux, maka manfaat dari Cygwin akan memudahkan aktivitas kita tanpa harus berpindah kelinux. Contohnya misalkan mengedit file dengan Vim Editor, Meremote Server dengan SSH atau melakukan kompilasi Program dengan GCC. Dalam kasus saya sendiri, Cygwin di insall sebagai prasayarat dalam isntalasi Android NDK. Android NKD adalah tool development dari Google yang digunakan untuk membuat aplikasi Android dengan C++ atau C.

Langkah instalasi
  1. Download installer Cygwin di https://cygwin.com/install.html. Perhatikan OS yang anda pakai, jika memakai Windows 64bit, disarankan pake setupx86_64.exe. Ini adalah sub installer, installer ini nantinya akan minta koneksi internet agar bisa menginstall perintah perintah linux yang dibutuhkan. Jadi pastikan saat instalasi anda terkoneksi internet. 
  2. Jalankan setup.exe tadi dan pilihlah mirror terdekat. Kalau kita di indonesia maka yang tedekat adalah server di singapura (domain dengan ending .sg).
  3. Saat memilih paket yang akan di install, pilih default. Klik Next.
  4. Tunggu sampai instalasi selesai. Dengan Setting default, instalasi berkisar antara 15 -30 Menit.
Instalasi CygWin

Pilih Install from Internet

Langsung Next

Pilih server yang dekat dengan domisili Anda

Biar mudah pilih default - Next

Setelah selesai, silahkan buka Shortcut di desktop dengan nama CygWin terminal. Cobalah memberikan perintah seperti layaknya di linux. Jika ada perintah yang tidak ditemukan, itu artinya perintah tadi belum di install.

Terminal CygWin

Cara mengupdate/menambah paket lain

Untuk menambah paket atau program lain, cukup jalankan kembali setup.exe dan saat pemilihan paket, silahkan pilih paket yang anda inginkan.

Tentang : Network, Windows
Back To Top